Delicious LinkedIn Facebook Twitter RSS Feed

SEJARAH KOMISI PENYIARAN DAERAH (KPID) JAMBI

Sejarah Singkat KPID Jambi

Latar belakang pembentukan KPID Jambi adalah berdasarkan Undang-undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, sesuai amanat pasal 7 ayat (3), KPI terdiri atas KPI Pusat dibentuk di tingkat pusat dan KPI Daerah dibentuk di tingkat provinsi. 
Anggota KPID Provinsi Jambi masa bhakti Tahun 2011-2014 dibentuk melalui proses uji kelayakan dan kepatutan oleh Unsur Pimpinan, dan didampingi oleh Komisi I dan Komisi III DPRD Provinsi Jambi pada tanggal 10 Mei 2011. Tujuh anggota terpilih ditetapkan oleh DPRD Provinsi Jambi pada 19 Mei 2011 dan dilantik pada tanggal 15 Juni 2011 oleh Gubernur Jambi.
Komisi Penyiaran Indonesia yang selanjutnya disingkat KPI adalah wujud peran serta masyarakat dibidang penyiaran. KPI adalah Lembaga Negara yang bersifat independen yang ada di pusat dan di daerah, yang tugas dan wewenangnya diatur dalam Undang-undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. KPI pertama kali dibentuk Tahun 2004 baik di pusat maupun di daerah.
KPI di Pusat berkedudukan di Jakarta selanjutnya disebut KPI Pusat sedangkan KPI Daerah berkedudukan di Ibukota Provinsi selanjutnya disebut KPID. Anggota KPI Pusat dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia secara administratif ditetapkan oleh Peresiden atas usul Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan KPID dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan secara administratif ditetapkan oleh Gubernur No. 78 Tahun 2011.

Anggota KPID Provinsi Jambi masa bhakti Tahun 2011-2014 dibentuk atas usul masyarakat melalui proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Unsur Pimpinan, dan didampingi oleh Komisi I dan Komisi III DPRD Provinsi Jambi pada tanggal 10 Mei 2011 ditetapkan oleh DPRD Provinsi Jambi pada 19 Mei 2011. Untuk pertama kalinya tujuh anggota terpilih untuk masa jabatan 3 (tiga) tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. dan Penetapan keanggotaan KPID Jambi ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur dilantik pada tanggal 15 Juni 2011 oleh Gubernur Jambi.
Dengan susunan komisioner di periode pertama :
Ketua                                  : Drs. Arwani          (Bid.Perizinan)
wakil ketua                         : Ir. Jon Hasmika   ( Bid. Perizinan)
Bidang Kelembagaan      : Novi Ariyani, S.Pd
                                              Yoyo Sunaryo, SH
Bidang Isi Siaran              : Drs. Muklis Nasution
                                              Sesfri Maria, SH
Bidang Perizinan              : Drs. Mahmud Saman

0 komentar:

Posting Komentar