BAGIAN I
IDENTIFIKASI TUJUAN PEMBELAJARAN
“Pelatihan Jurnalistik Penyiaran Untuk Televisi dan Radio”
Orientasi Peserta : Penyiar/Karyawan Televisi dan Radio dan Stakeholder terkait
Waktu Pembelajaran : Empat Bulan
Trainer : Tenaga Ahli dibidang Penyiaran dan dibidangnya
1. Tujuan Pembelajaran Umum
Peserta pelatihan mampu memahami dan meningkatkan profesionalisme Jurnalistik Penyiaran Berdasarkan UU Penyiaran No.40 Tahun 2002 dan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS)
2. Analisis Kemampuan/Performansi
Kemampuan calon peserta pelatihan masih dasar, hanya sebagian kecil merupakan tamanan sekolah penyiaran. Kemampuan lainnya di dari pengalaman bekerja di Instansi/Lembaga penyiaran masing-masing
3. Analisis Kebutuhan Keterampilan Calon Peserta
Untuk meningkatkan profesionalisme penyiaran, dibutuhkan pelatihan keterampilan yang meningkatkan kecakapan peserta dalam peningkatan kognitif, afektif dan psikomotorik dibidang penyiaran. Kecapakan tersebut termuat dalam materi-materi pelatihan, yang terbagi sub-sub pembelajaran tentang jurnalistik penyiaran mulai dari pengertian, mencari informasi, memproduksi sampai menyiarkan subuah program acara.
Dibutuhkan juga keterampilan penguasaan alat-alat penunjang kegiatan diluar dan dalam proses produksi. Seperti: kamera, alat rekam video/audio, alat tulis, mic, kamera digital, komputer, mixing, server program dan lain-lain
4. Analisis Tugas
Peserta diberikan materi terhadap pemahaman jurnalistik penyiaran, dimulai dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran. Jurnalistik penyiaran terbagi atas sub-sub materi. Pembekalan materi dijelaskan oleh tenaga ahli dibidangnya. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan melaksanakan praktek/tugas yang diberikan pada akhir pertemuan yang dilakukan individu atau kelompok yang dilanjutkan evaluasi.
5. Daftar Kemampuan Bawahan
1. Bagaimana peserta mengetahui nama lembaga negara yang merupakan keterwakilan masyarakat dalam bidang penyiaran!
2. Bagaimana peserta mengetahui jenis media penyiaran!
3. Bagaimana peserta mengetahui regulasi yang berhubungan dengan penyiaran!
4. Bagaimana peserta menyebutkan permasalahan yang sedang hangat saat ini disiarkan di Televisi !
5. Bagaimana peserta menyebutkan salah satu contoh masalah dimasyarakat/lapangan !
6. Bagaimana peserta agar mengetahui perbedaan program penyiaran faktual dan non-faktual !
7. Bagaimana peserta mengetahui peraturan yang dibuat oleh Komisi Penyiaran Indonesia yang harus dipatuhi oleh lembaga penyiaran dengan baik!
8. Bagaimana peserta mengetahui arti profesi penyiar !
9. Bagaimana peserta menyebutkan jenis Lembaga penyiaran yang diakui oleh Negara !
10. Bagaimana peserta mengetahui fungsi lembaga penyiaran !
11. Bagaimana peserta mengetahui sasaran utama dari pelatihan penyiaran !
12. Bagaimana peserta menyebutkan nama stasiun penyiaran TV di Jambi!
13. Bagaimana peserta menyebutkan nama stasiun penyiaran radio di Jambi!
14. Bagaimana peserta mengetahui peran media penyiaran dalam kemajuan Provinsi Jambi !
15. Bagaimana peserta menyebutkan peraturan utama yang menangungi peraturan penyiaran lainnya !
16. Bagaimana peserta melakukan cara pengambilan gambar dengan tepat!
17. Bagaimana peserta menguasai cara proses peliputan program siaran !
18. Bagaimana peserta memiliki keterampilan penulisan naskah penyiaran !
19. Bagaimana peserta memiliki keterampilan cara berkomunikasi dengan baik!
20. Bagaimana peserta menyebutkan siapa yang menjadi sasaran perubahan sikap psofesional dalam kegiatan pelatihan kali ini !
21. Bagaimana peserta memiliki keterampilan membawakan program siaran yang berkarakter !
22. Bagaimana peserta melakukan editing audio dan video !
23. Bagaimana peserta melakukan mixing dengan menggunakan komputer !
24. Bagaimana peserta mengetahui jenis-jenis pernafasan dalam mengeluarkan suara!
25. Bagaimana peserta mengetahui perbedaan mendasar output siaran TV dan radio !
26. Bagaimana peserta memiliki keterampilan menggunakan alat-alat liputan !
27. Bagaimana peserta memiliki keeterampilan dasar menggunakan computer secara umum !
28. Bagaimana peserta membuat Log. Program acara !
29. Bagaimana peserta mengetahui tahapan proses liputan !
30. Bagaimana peserta melakukan instruksi yang diberikan pelatih saat praktek pelatihan dengn benar!
31. Bagaimana peserta mengetahui kode etik junalistik penyiaran !
32. Bagaimana peserta menyebutkan langkah-langkah pembuatan program siaran !
33. Bagaimana peserta menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam pembacaan berita !
34. Bagaimana peserta agar melakukan keberimbangan program siaran !
35. Bagaimana cara peserta melakukan kerja sama dalam tim dalam meliput suatu kejadian dengan baik!
36. Bagaimana peserta mengelola program siaran yang berkarakter dengan baik!
37. Bagaimana peserta mengetahui potensi lokal yang ada di daerah saat ini dan diangkat menjadi program siaran yang berkarakter lokal !
38. Bagaimana peserta memanajemen lembaga penyiaran !
39. Bagaimana peserta menyebutkan hal-hal yang yang ter dalam SOP penyiaran !
40. Bagaimana peserta mengelola program acara siaran di TV atau Radio !
41. Bagaimana peserta mengetahui hal-hal yang mempengaruhi suatu keprofesionalisme sumber daya manusia penyiaran !
BAGIAN 2
ANALISIS PEMBELAJARAN
“Pelatihan Jurnalistik Penyiaran Untuk Televisi dan Radio”
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS (Kemampuan Bawahan)
1. Peserta mengetahui nama lembaga negara yang merupakan keterwakilan masyarakat dalam bidang penyiaran!
2. Peserta mengetahui jenis media penyiaran!
3. Peserta mengetahui regulasi yang berhubungan dengan penyiaran!
4. Peserta menyebutkan permasalahan yang sedang hangat saat ini disiarkan di Televisi !
5. Peserta menyebutkan salah satu contoh masalah dimasyarakat/lapangan !
6. Peserta mengetahui perbedaan program penyiaran faktual dan non-faktual !
7. Peserta mengetahui peraturan yang dibuat oleh Komisi Penyiaran Indonesia yang harus dipatuhi oleh lembaga penyiaran dengan baik!
8. Peserta mengetahui arti profesi penyiar !
9. Peserta menyebutkan jenis Lembaga penyiaran yang diakui oleh Negara !
10. Peserta mengetahui fungsi lembaga penyiaran !
11. Peserta mengetahui sasaran utama dari pelatihan penyiaran !
12. Peserta menyebutkan nama stasiun penyiaran TV di Jambi!
13. Peserta menyebutkan nama stasiun penyiaran radio di Jambi!
14. Peserta mengetahui peran media penyiaran dalam kemajuan Provinsi Jambi !
15. Peserta menyebutkan peraturan utama yang menangungi peraturan penyiaran lainnya !
16. Peserta melakukan cara pengambilan gambar dengan tepat!
17. Peserta menguasai cara proses peliputan program siaran !
18. Peserta memiliki keterampilan penulisan naskah penyiaran !
19. Peserta memiliki keterampilan cara berkomunikasi dengan baik!
20. Peserta menyebutkan siapa yang menjadi sasaran perubahan sikap psofesional dalam kegiatan pelatihan kali ini !
21. Peserta memiliki keterampilan membawakan program siaran yang berkarakter!
22. Peserta melakukan editing audio dan video !
23. Peserta melakukan mixing dengan menggunakan komputer !
24. Peserta mengetahui jenis-jenis pernafasan dalam mengeluarkan suara !
25. Peserta mengetahui perbedaan mendasar output siaran TV dan radio !
26. Peserta memiliki keterampilan menggunakan alat-alat liputan !
27. Peserta peserta memiliki keeterampilan dasar menggunakan komputer secara umum !
28. Peserta membuat Log. Program acara !
29. Peserta mengetahui tahapan proses liputan !
30. Peserta melakukan instruksi yang diberikan pelatih saat praktek pelatihan dengn benar!
31. Peserta mengetahui kode etik junalistik penyiaran !
32. Peserta menyebutkan langkah-langkah pembuatan program siaran !
33. Peserta menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam pembacaan berita !
34. Peserta agar melakukan keberimbangan program siaran !
35. Peserta melakukan kerja sama dalam tim dalam meliput suatu kejadian dengan baik!
36. Peserta mengelola program siaran yang berkarakter dengan baik!
37. Peserta mengetahui potensi lokal yang ada di daerah saat ini dan diangkat menjadi program siaran yang berkarakter lokal !
38. Peserta memanajemen lembaga penyiaran !
39. Peserta menyebutkan hal-hal yang yang ter dalam SOP penyiaran !
40. Peserta mengelola program acara siaran di TV atau Radio !
41. Peserta mengetahui hal-hal yang mempengaruhi suatu keprofesionalisme sumber daya manusia penyiaran !
BAGIAN 3
ANALISIS KONTEK DAN KARAKTERISTIK PESERTA PELATIHAN
“Pelatihan Jurnalistik Penyiaran Untuk Televisi dan Radio”
A. ANALILIS KONTEK
No. Subbordinat Skill
|
Domain Belajar
| ||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
| |
1. Peserta mengetahui nama lembaga negara yang merupakan keterwakilan masyarakat dalam bidang penyiaran!
2. Peserta mengetahui jenis media penyiaran!
3. Peserta mengetahui regulasi yang berhubungan dengan penyiaran!
4. Peserta menyebutkan permasalahan yang sedang hangat saat ini disiarkan di Televisi !
5. Peserta menyebutkan salah satu contoh masalah dimasyarakat/lapangan !
6. Peserta mengetahui perbedaan program penyiaran faktual dan non-faktual !
7. Peserta mengetahui peraturan yang dibuat oleh Komisi Penyiaran Indonesia yang harus dipatuhi oleh lembaga penyiaran dengan baik!
8. Peserta mengetahui arti profesi penyiar !
9. Peserta menyebutkan jenis Lembaga penyiaran yang diakui oleh Negara !
10. Peserta mengetahui fungsi lembaga penyiaran !
11. Peserta mengetahui sasaran utama dari pelatihan penyiaran !
12. Peserta menyebutkan nama stasiun penyiaran TV di Jambi!
13. Peserta menyebutkan nama stasiun penyiaran radio di Jambi!
14. Peserta mengetahui peran media penyiaran dalam kemajuan Provinsi Jambi !
15. Peserta menyebutkan peraturan utama yang menangungi peraturan penyiaran lainnya !
16. Peserta melakukan cara pengambilan gambar dengan tepat!
17. Peserta menguasai cara proses peliputan program siaran !
18. Peserta memiliki keterampilan penulisan naskah penyiaran !
19. Peserta memiliki keterampilan cara berkomunikasi dengan baik!
20. Peserta menyebutkan siapa yang menjadi sasaran perubahan sikap psofesional dalam kegiatan pelatihan kali ini !
21. Peserta memiliki keterampilan membawakan program siaran yang berkarakter !
22. Peserta melakukan editing audio dan video !
23. Peserta melakukan mixing dengan menggunakan komputer !
24. Peserta mengetahui jenis-jenis pernafasan dalam mengeluarkan suara !
25. Peserta mengetahui perbedaan mendasar output siaran TV dan radio!
26. Peserta memiliki keterampilan menggunakan alat-alat liputan !
27. Peserta peserta memiliki keeterampilan dasar menggunakan computer secara umum !
28. Peserta membuat Log. Program acara !
29. Peserta mengetahui tahapan proses liputan !
30. Peserta melakukan instruksi yang diberikan pelatih saat praktek pelatihan dengn benar!
31. Peserta mengetahui kode etik junalistik penyiaran !
32. Peserta menyebutkan langkah-langkah pembuatan program siaran !
33. Peserta menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam pembacaan berita !
34. Peserta agar melakukan keberimbangan program siaran !
35. Peserta melakukan kerja sama dalam tim dalam meliput suatu kejadian dengan baik!
36. Peserta mengelola program siaran yang berkarakter dengan baik!
37. Peserta mengetahui potensi lokal yang ada di daerah saat ini dan diangkat menjadi program siaran yang berkarakter lokal !
38. Peserta memanajemen lembaga penyiaran dengan professional!
39. Peserta menyebutkan hal-hal yang yang ter dalam SOP penyiaran !
40. Peserta mengelola program acara siaran di TV atau Radio !
41. Peserta mengetahui hal-hal yang mempengaruhi suatu keprofesionalisme sumber daya manusia penyiaran !
|
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
|
V
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
|
B. ANALISIS CALON PESERTA
Kategori Informasi
|
Sumber data
|
Karakteristik Calon Peserta
|
1. Entry perilaku
|
Wawancara peserta, dan Pengamatan.
Test Data : Posttest kinerja dari pengetahuan awal
|
Setting Kinerja:
Peserta pelatihan hampir sebagian besar tidak memiliki pengalaman sebelumnya dibidang penyiaran. Pengalaman yang di dalam dunia kerja masih cukup minim dan kurang kreatifitas.
Peserta hanya bermodalkan hobi terhapat pekerjaan didunia penyiaran, sehingga tidak optimal dalam bekerja.
Setting Belajar:
Peserta yang telah berhasil mengikuti pelatihan jurnalistik penyiaran ini menyelesaikan masalah dalam pembuatan program-program acaranya yang berkualitas
|
2. Pengetahuan awal tentang topik tertentu
|
Wawancara peserta, dan Pengamatan.
Sama seperti diatas
|
Peserta pelatihan memiliki pengetahuan umum dibidang penyiaran dawawasan penyiaran dalam ruang lingkup TV dan Radio. Setiap peserta berperan aktif dalam grup diskusi yang membahas perkembangan penyiaran saat ini untuk menyongsong penyiaran pada masa akan datang (digitalisasi). Kesiapan setiap lembaga penyiaran, terutama sumber daya penyiaran yang pada akhirnya akan menghasilkan program siaran yang berkualitas.
|
3. Sikap terhadap materi (konten/isi)
|
Wawancara
Kuesioner
Pengamatan
|
Peserta diberikan materi-materi dan melakukan pemecahan masalah yang diberikan secara individu dan dalam kelompok. Peran serta secara aktif dari calon Peserta dari setiap materi, seperti mencontohkan secara langsung perintah yang diberikan. Materi yang dibeadalah materi-materi yang selalu bersinggungan dengan pengolahan produksi siaran.
|
4. Sikap terhadap
potensi sistem pengiriman |
Wawancara
Kuesioner
Pengamatan
|
Peserta dalam pelatihan/pembelajaran dilakukan melalui metode ceramah, instruksi berbasis web, simulasi kelompok, melakukan pemecahan masalah pada instruksi yang diberikan. Study kasus dan investigasi kelompok(penelitian sosial). Penguasaan alat yang berteknologi sangat menunjang hasil pelatihan.
|
5. Motivasi untuk instruksi (ARCS)
|
Wawancara
Pengamatan
Kuesioner yang diberikan kepada seluruh peserta |
Pemateri membangkitkan rasa ingin tahu calon peserta terhadap materi yang akan diberikan. Sehingga Peserta timbul keinginan untuk meningkatkan keterampilan dan memperbaiki kelemahan yang dimiliki. Mempertimbangkan relevansi kegiatan yang akan dipelajari dengan bidang kerjanya saat ini. Pemberian pelatihan akan lebih banyak ke praktek sehingga peserta langsung mengaplikasikannya dalam dunia kerjanya.
|
6. Pendidikan dan
tingkat kemampuan |
Wawancara
Kuesioner
Pengamatan
|
Tingkat pendidikan : para peserta pelatihan jurnalistik penyiaran ini bervariasi dalam pendidikan formal. Seperti ada yang hanya tamatan sekolah menengah atas, beberapa perguruan tinggi dibidang penyiaran dansebagian yang lain dari bidang ilmu sastra dan umum, seperti ekonomi, teknik dan hokum.
Tingkat kemampuan : Selain ditunjang dengan kemampuan akademis, peserta juga memiliki keahlian interpersonal. Anggota kelompok peserta yang heterogen dengan karakteristik interpersonal yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri, untuk menarik perhatian di dunia penyiaran
|
7. Preferensi pembelajaran umum
|
Wawancara
Kuesioner
Pengamatan
|
Peserta pelatihan yang memiliki pengalaman awal cukup banyak, lebih memfokuskan pada perkembangan umum yang akan berkembang. Agar pelatihan sesuai dengan harapan, perlu pengaturan dalam pelatihan, seperti dengan melakukan:
1. siklus pendek, atau yang dikenal sebagai bentuk persentasi
2. latihan swasta, setelah materi diberikan maka peserta menentukan cara yang terbaik yang dilakukan berdasarkan instruksi yang diterima
3. interaktif, terkait dengan pelaksaan teknik persentasi di TV dan radio. Manajerial system yang mendukung.
|
8. Sikap terhadap
organisasi pelatihan |
Wawancara
Kuesioner
Pengamatan
|
Responden/peserta yang memiliki perasaan positif terhadap pelatihan ini akan mampu mengembangkan materi/bahan-bahan yang diberikan. Pikiran peningkatan keterampilan diri terhadap penguasaan program siaran dan alat-alat penyiaran yang berteknologi akan mampu menolong mereka untuk menghasilkan program siaran yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menarik perhatian.
|
9. Grup karakteristik
a.Heterogenitas b. Ukuran c. Keseluruhan tayangan |
Wawancara
Kuesioner
Pengamatan
Records
|
Keadaaan yang heterogen yang datang dari berbagai jenis lembaga penyiaran dan stakeholder terkait, dengan latar belakang yang berbeda dan keahlian yang berbeda. Selain itu terlihat dari perbedaan usia (muda dan tua) walau didominasi oleh peserta berusia muda, lama masa kerja di tempat kerja, jenis kelamin dan latar belakang budaya yang beragam.
Ukuran : terdiri dari 100 peserta. Dan untuk mengoptimalkan dengan membagi perkelompok kerja
Keseluruhan tayangan : pembelajaran akan sangat efesian, efektif, dan menyenangkan bila disampaikan dekat dengan kasus yang ada disekitar/sedang berkembang.
|
C. ANALISIS KONTEK PEMBELAJARAN
No
|
Kategori Informasi
|
Sumber Data
|
Karakteristik Pembelajaran
|
1
|
Lokasi/ Tempat Kerja
|
Wawancara
Pengamatan
|
Lokasi : Pelaksanaan kegian pelatihan Jurnalistik penyiaran TV dan Radio diadakan di Balai Diklat Pelatihan Provinsi Jambi, karna sarana dan prasaranya mendukung untuk dilaksanakan pelatihan
Fasilitas : Wiffi gratis yang disediakan oleh pengelola kegiatanmenunjang pelaksanaan pelatihan.
Peralatan : Untuk menunjang kegiatan individu, peserta diwajibkan membawa perlengkapan sendiri seperti voice/video recorder dan kamera. Selain itu peratan teknik merupakan kesiapan pelaksana kegiatan
|
2
|
Kesesuaian Kebutuhan Pembelajaran
|
Wawancara
Pengamatan
|
Instruksional strategi: Berbagai strategi instruksional digunakan seperti studi kasus, belajar-sendiri untuk mencari informasi, bahan-bahan cetak, instruksi berbasis komputer, presentasi dan diskusi kelas, dan simulasi, diskusi kelompok kecil sesi di ruang pertemuan.
Pendekatan: Dukungan tersedia fasilitas yang disediakan untuk produksi dan penggunaan alat yang menunjang kegiatan, disesuaikan dengan materi yang akan diberikan. Untuk beberapa sesi kegiatan belajar mandiri dioptimalkan dan perlu penjadwalan, sehingga seluruh peserta memiliki kecakapan personal yang berbeda.
|
3
|
Kelayakan Tempat Belajar
|
Wawancara
Pengamatan
|
Lokasi : Lokasi pelaksaan pelatihan berada di pusat kota sehingga trnasportasi dijangkau dan kudah untuk mencari bahan saat pembuatan program siaran. Selain itu tempat ibadah, istirahat dan makan sudah disediakan langsung saat pelatihan berlangsung.
Ketersediaan alat sudah dijelaskan diatas. Waktu yang digunakan adalah selama 6 bulan.
|
0 komentar:
Posting Komentar